ads
5 Manfaat Daun Binahong dan Cara Mengolahnya Secara Tepat

5 Manfaat Daun Binahong dan Cara Mengolahnya Secara Tepat

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Daun binahong atau yang dikenal memiliki naman ilmiah Anredera cordifolia merupakan tanaman obat yang tumbuh di lingkungan dataran rendah maupun tinggi. Bukan hanya di Indonesia saja, Manfaat daun Binahong dikenal juga di banyak negara Asia seperti Vietnam dan China.

Untuk dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh, daun binahong memiliki beberapa kandungan senyawa aktif dan nutrisi di dalamnya. Beberapa senyawa aktif seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan minyak atsiri yang menjadikannya memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai tanaman obat, daun binahong memiliki bahan aktif yang bermanfaat dalam beberapa hal. Untuk lebih memahami apa saja khasiat dan manfaat daun binahong tersebut, perhatikan beberapa ulasan lengkap mengenai satu persatu manfaat dari tanaman obat tersebut.

1. Manfaat daun binahong untuk wajah

Beberapa manfaat dari daun binahong untuk wajah diantaranya seperti membantu dalam mengatasi jerawat sebagai permasalahan yang sering terjadi di wajah dan membantu dalam membersihkan komedo. Manfaat positif tersebut dapat terjadi karena sifat dari senyawa aktif di dalam daun binahong yang bertindak sebagai antiradang dan mampu mencegah pertumbuhan bakteri pada bagian jerawat wajah.

2. Manfaat daun binahong untuk asam urat

Asam urat atau berbagai gejala penyekit yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit degeneratif yang banyak memiliki penderita khususnya orang tua dan dewasa. Daun binahong dikenal memiliki manfaat positif dalam membantu menjaga kadar asam urat dan mengatasi gejala yang muncul akibat peningatkan asam urat di dalam darah.

3. Daun binahong untuk jerawat

Dalam penjelasan manfaat daun binahong untuk wajah diatas, diketahui bahwa daun binahong dapat memberikan manfaat positif untuk mengatasi jerawat. Daun binahong memiliki untuk mengatasi jerawat yang membandel. Dampak positf tersebut diperoleh karena adanya kandungan flavonoid dan alkaloid yang terdapat di dalam daun binahong yang membeirkan efek antinflamasi atau anti radang dan anti bakteri.

4. Manfaat daun binahong untuk jantung

Sebagai tanaman dengan daun yang khas seperti hati, tentu daun binahong dapat memberikan manfaat yang positif bagi jantung. Beberapa manfaat positif dari daun binahong untuk jantung tersebut diantaranya seperti mencegah penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang berbahaya bagi jantung, membantu menjaga kondisi kesehatan jantung, serta mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Cara Mengolah Daun Binahong dengan Benar

Pengolahan daun binahong sangat berkaitan dengan manfaat apa yang ingin diperoleh dari salah satu daun mistis yang dikenal banyak memiliki manfaat postif bagi kesehatan tersebut. Berikut ini beberapa cara pengolahan daun binahong untuk dapat memberikan manfaat yang diinginnya dinataranya seperti :

  • Masker daun binahong, maskerdaun binahong dijadikan salah satu cara mengolah daun binahong khususnya untuk manfaat bagi kecantikan wajah maupun kulit.
  • Lalapan daun binahong, konsumsi daun binahong mentah juga dapat dilakukan secara langsung bagi mereka yang biasa mengkonsumsi lalapan dedaunan.
  • Rebusan air daun binahong, sama halnya dengan daun tanaman obat lainnya, daun binahong juga dapat diolah menjadi rebusan air yang memberikan manfaat positif bagi tubuh. Caranya cukup dengan merebus daun binahong dengan satu bagian air hingga tersisa setengah bagian air.

Pemanfaatan daun binahong untuk kesehatan dan beberapa dampak positif lainnya juga dikenal di beberapa negara lain seperti china dan vietnam. Manfaat Daun binahong yang positif bagi kesehatan tersebut sudah banyak dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads