ads
Punya Sejuta Khasiat, Simak 7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Punya Sejuta Khasiat, Simak 7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Kopi termasuk minuman berkhasiat yang menjadi favorit sejuta umat. Biasanya, orang-orang meneguk kopi untuk melawan rasa kantuk.

Selain untuk penghilang kantuk, kopi dipercaya menambah energi untuk beraktivitas. Namun selain melawan rasa kantuk dan penambah energi, kopi juga mempunyai sejuta khasiat yang tak kaleng-kaleng.

Bahkan, kopi juga dipercaya mengurangi risiko kanker dan mengandung beribu manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini 7 manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Mengurangi risiko kanker

Siapa sangka kopi dapat mengatasi penyakit mematikan seperti kanker? Ya, kopi mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia, salah satunya untuk mengurangi risiko kanker hati.

Kandungan kafein pada kopi ternyata dapat mengganggu perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel hingga kematiannya.

Selain kafein, kandungan antioksidan pada kopi juga berpotensi mengurangi risiko beberapa jenis kanker lainnya, seperti kanker prostat, endometrium, mulut, dan tenggorokan.

2. Menjaga berat badan ideal

Manfaat kopi yang berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Terutama bagi Anda yang suka dengan kopi hitam tanpa gula, maka akan mendapat manfaat yang lebih tinggi karena rendah kalori.

Tidak hanya itu, kandungan kafein pada kopi juga mempercepat metabolisme dan proses pembakaran lemak pada tubuh. Bagi Anda yang sedang diet, sepertinya kopi cocok masuk ke dalam daftar minuman pagi hari. Namun perlu diingat, kopi untuk para pegiat diet adalah kopi hitam yang rendah kalori, ya!

3. Menjaga kesehatan otak

Manfaat kopi tidak hanya untuk melawan penyakit dan penambah energi saja, namun juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak.

Kandungan kafein pada kopi dipercaya memberi efek positif terhadap otak. Beberapa manfaatnya antara lain membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, hingga mengurangi rasa depresi.

Menariknya lagi, mengonsumsi kopi rendah gula secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit demensia atau alzheimer.

4. Mengurangi risiko terkena Diabetes Tipe 2

Mengonsumsi dua cangkir kopi per hari dipercaya dapat mengurangi risiko terkena Diabates Tipe 2.

Namun perlu diingat, kopi yang dapat mencegah penyakit diabetes adalah kopi tanpa gula atau pemanis lainnya. Umumnya, kopi hitam yang penuh ampas adalah kopi rendah gula karena rasanya pahit.

5. Menjaga kesehatan liver

Selain mengurangi risiko diabetes, mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi rendah gula dalam sehari dapat menjaga kesehatan liver.

Selain itu, beberapa penyakit organ hati lainnya seperti hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, hingga kanker hati juga dapat dikendalikan dengan konsumsi kopi rendah gula.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kopi cukup berkhasiat untuk organ tubuh manusia, khususnya jantung. Dengan mengonsumsi 1-2 cangkir per hari, kopi dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung.

Mengonsumsi empat cangkir kopi atau lebih juga konon dapat menurunkan risiko stroke daripada orang yang tidak mengonsumsi sama sekali.

7. Mengurangi risiko penyakit parkinson

Penyakit parkinson adalah penyakit sistem saraf yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengontrol gerakan dan keseimbangan.

Risiko terkena penyakit parkinson dapat dicegah sejak dini, salah satunya dengan mengonsumsi kopi.

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit parkinson.

Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan fungsi otak yang terganggu.

Selain itu, kopi juga dipercaya membantu para pengidap penyakit parkinson untuk mengontrol gerakan tubuh.

Itulah 7 manfaat kopi untuk tubuh. Yang perlu diperhatikan adalah konsumsi kopi dalam batas wajar, dan tentu saja kopi yang baik untuk tubuh adalah kopi hitam rendah gula.

Referensi: siloamhospitals.com

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads