ads
Mengatur Suhu AC Paling Nyaman Agar Tidur Lebih Nyenyak

Mengatur Suhu AC Paling Nyaman Agar Tidur Lebih Nyenyak

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Memanfaatkan suhu AC dalam kehidupan sehari hari sekarang ini menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan mengingat kondisi udara dan temperatur lingkungan kurang nyaman bagi manusia. Pemanfaatan air conditioner sudah banyak dilakukan demi mendapatkan kondisi lebih nyaman dari keadaan ruangan dalam kondisi terlalu panas.

Beberapa orang meyakini bahwa dengan mendapatkan temperatur paling rendah dari pengaturan Air conditioner akan dapat memberikan kondisi paling nyaman dan cukup dingin. Ada fakta yang muncul dari pernyataan tersebut di mana tidak selama udara paling dingin di mana bisa dihasilkan oleh AC dapat memberikan kenyamanan pada seseorang.

Penggunaan air conditioner yang paling sering dilakukan adalah ketika tidur untuk memberikan rasa lebih nyaman sehingga kondisi istirahat menjadi lebih efektif. Mendapatkan kondisi udara yang dingin diperlukan untuk semua orang terutama keluarga agar bisa lebih nyaman ketika tidur dan bisa beraktivitas pagi lebih baik.

Banyak Yang Masih dalam Menggunakan AC Saat Tidur Sehingga Udara Kurang Nyaman

Kenyamanan selama tidur sering kali didapati dengan kondisi Suhu AC cukup dingin padahal tidak sepenuhnya keadaan tersebut benar. Pengaturan temperatur dari air conditioner perlu diatur dengan baik demi keadaan lebih nyaman. Menurut peneliti dari Alaska Clinic Sleep, suhu tubuh pasti mengalami kondisi yang turun saat tidur.

Dengan keadaan menurunnya temperatur tubuh demi dapat menghemat energi menjadikan pengaturan AC sebaiknya dilakukan secara tepat dan benar bukan hanya menjadikan suhunya paling rendah. Pengaturan tersebut perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti kelembapan dari ruangan, sirkulasi, hingga penerimaan temperatur dari tubuh sendiri.

Cara Mengatur Suhu AC Agar Tidur Sekeluarga Lebih Nyaman

Mengatur temperatur yang dihasilkan oleh air conditioner menjadi satu langkah nyata untuk mendapatkan kondisi tidur nyenyak dan lebih nyaman. Ada beberapa bentuk pengaturan yang perlu dilakukan terkait dengan suhu paling ideal dari AC untuk tidur. Beberapa pengaturan tersebut dapat dilihat melalui pembahasan di bawah ini.

1. Pastikan ruangan tempat tidur siap

Sebelum menyalakan AC, langkah pertama di mana harus dilakukan untuk dapat memperoleh temperatur yang nyaman dan efektif adalah dengan memperhatikan kondisi ruangan. Pastikan ruangan benar – benar tertutup agar pengaturan udara dari AC dapat berjalan dengan baik dan lebih mudah tentunya.

2. Atur suhu secara bertahap

Jika ruangan sudah dipastikan tertutup, nyalakan air conditioner dan atur suhu AC secara bertahap. Pengaturan temperatur Air conditioner secara bertahap ini diperlukan agar suhu yang diperoleh lebih maksimal. Coba setting di angka 28 derajat dan turunkan secara perlahan 1 – 2 derajat ketika kurang merasa dingin.

3. Gunakan mode auto

Jika temperatur yang dihasilkan oleh air conditioner sudah cukup dingin dan membuat nyaman maka cobalah untuk menaikkan suhunya satu atau dua derajat. Kondisi tersebut diperlukan karena adanya penurunan suhu tubuh. Penggunaan mode auto mungkin lebih efektif dan bisa membantu menghemat energi listrik yang digunakan.

4. Bantu udara lebih dingin dengan kipas angin

Agar udara yang dihasilkan lebih efektif lagi maka penggunaan kipas angin bisa dilakukan demi penyebaran udara dingin lebih merata. Mode auto paling hemat listrik menjadi tetap efektif suhunya dengan tambahan kipas angin sehingga dapat memberikan dampak daya lebih kecil untuk digunakan namun tetap nyaman.

Mengatur temperatur yang salah dapat menyebabkan pembengkakan biaya listrik dari AC. Teknologi inverter dari beberapa jenis AC di mana bisa Anda manfaatkan saat ini sebagai satu pilihan untuk dapat mengatur suhu AC dengan mudah.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads