ads
Manfaat Daun Sirih untuk Menghilangkan Bau Mulut dan Berbagai Fungsi Lain

Manfaat Daun Sirih untuk Menghilangkan Bau Mulut dan Berbagai Fungsi Lain

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Manfaat Daun Sirih yang dikenal dengan nama ilmiah Piper beetle ini sudah sejak lama dikenal sebagai fitofarmaka atau tanaman obat. Daun yang diperoleh dari tanaman merambat ini sudah sangat identik dengan aktivitas menginang dengan campuran bahan lain seperti gambir, pinang, tembakau, dan kapus,  memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Daun sirih memiliki kandungan senyawa aktif yang menjadikannya memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Beberapa kandungan senyawa aktif di dalam daun sirih tersebut diantaranya seperti tanin dan polivenolad yang bersitfat antioksidan, serta saponin dan minyak atsiri yang memiliki sifat antiseptik. Kedua sifat antikosidan dan antiseptik dari daun sirih tersebutlah yang menjadi dasar manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan adanya kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang disebutkan diatas tersebut, daun sirih dapat memberikan dampak posifit bagi kesehatan tubuh. Untuk memberikan pemahaman terkait khasiat dan manfaat daun sirih baik yang sudah diketahui maupun yang belum dipahami secara baik, berikut penjelasan mengenai dampak positif dari daun sirih untuk tubuh dallam ulasan dan uraian di bawah ini.

1. Manfaat Rebusan Daun Sirih

Cara pemanfaatan yang utama dari daun sirih adalah dengan membuat rebusan dari daun tersebut. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari rebusan air sirih diantaranya seperti membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh, kesehatan pencernaan, kesehatan rongga mulut, dan kesehatan bagian intim kewanitaan.

Rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk, menurunkan tekanan darah, dan kadar gula darah, mencegah kanker, hingga membantu dalam mengurangi bau badan. Dengan berbagai manfaatnya, konsumsi rebusan daun sirih rutin dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

2. Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

Bagian tubuh yang juga dapat memperoleh dampak positif dari daun sirih adalah mata. Beberapa manfaat positif dari daun sirih untuk mata yang utama adalah membantu mengatasi mata merah karena iritasi maupun disebabkan oleh karena infeksi bakteri. Untuk memperoleh manfaat tersebut cukup dengan memanfaatkan rebusan air daun sirih yang sudah dingin langsung ditetaskan pada bagian mata.

3. Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Miss V

Seperti yang sudah dijelaskan dalam uraian khasiat dan manfaat daun sirih dalam penjelasan diatas, salah satu yang kerap dimanfaatkan masyarakat adalah dampak positifnya bagi kesehatan bagian intim kewanitaan. Beberapa manfaat daun sirih untuk miss V wanita diantaranya seperti menjaga kesehatan miss V agar tidak mudah terkena infeksi, menjadikan miss V tidak bau, mencegah dan mengatasi keputihan serta penyakit leukorrhea.

Menghilangkan Bau Mulut dengan Daun Sirih

Menghilangkan bau mulut merupakan salah satu manfat yang dapat diperoleh dari daun sirih. Untuk dapat menghilangkan bau mulut dengan daun sirih maka dapat dilakukan dengan cara yang sederhana yakni dengan mengunyah daun sirih bersih setiap hari atau berkumur dengan air rebusan daun sirih.

 Dengan cara tersebut maka bakteri bakteri yang menyebabkan munculnya bau mulut akan hilang. Selain bau mulut, daun sirih juga dapat membantu menghilangkan bau badan. Adanya beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun sirih yang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanalan obat.

Manfaat dari daun sirih sangatlah luas karena adanya kandungan senyawa aktif yang disebutkan dalam ulasan di atas. Untuk dapat mendapatkan manfaat daun sirih yang sudah dijelaskan diatas, penggunaannya harus dilakukan secara benar agar tidak meningkatkan resiko terjadinya efek samping dari daun sirih yang merugikan dan menganggu.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads