ads
8 Cara Meningkatkan Libido Wanita, Salah Satunya Lakukan Foreplay Lebih Lama

8 Cara Meningkatkan Libido Wanita, Salah Satunya Lakukan Foreplay Lebih Lama

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Gairah seksual atau libido setiap orang memang berbeda-beda. Bahkan antara pria dan wanita pun mempunyai tingkatan yang berbeda.

Libido juga dapat menurun seiring bertambahnya usia. Penurunan gairah seksual juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres, kelelahan, dan masalah lainnya.

Wanita yang mengalami penurunan gairah seksual atau libido dapat diatas dengan sejumlah cara. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini 7 cara meningkatkan libido.

1. Melakukan foreplay lebih lama

Sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan, gairah seksual wanita dapat dipancing dengan foreplay yang lebih lama.

Anda dan pasangan dapat meluangkan waktu untuk pemanasan alias foreplay dengan beberapa cara, seperti menyentuh, mencium, atau melakukan seks oral.

2. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Gairah seksual juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Wanita yang ingin meningkatkan libido dapat mengonsumsi sejumlah makanan bernutrisi.

Anda dapat mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan makanan rendah gula. Makanan tersebut dapat menyuplai aliran darah di dalam tubuh sehingga gairah seksual tetap terjaga.

Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, tentu berdampak pula pada kadar hormon yang mempengaruhi libido.

3. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang ideal termasuk faktor penting untuk meningkatkan gairah seksual. Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menurunkan libido serta kesuburan pada wanita.

Oleh karena itu, tetap jaga berat badan dalam kondisi ideal agar level energi untuk berhubungan intim terus bertambah.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Selain menjaga asupan makanan, meningkatkan kualitas tidur harus dilakukan oleh wanita yang ingin menambah gairah seksual.

Pasalnya, kurang tidur dapat membuat tubuh mudah lelah dan lemas. Alhasil, gairah seksual untuk berhubungan intim pun hilang karena tidur yang kurang.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda yang ingin meningkatkan libido, setidaknya tidur selama tujuh jam dalam sehari.

5. Mencoba posisi seks yang berbeda

Apabila foreplay sudah dilakukan dengan baik dan lama, Anda dan pasangan bisa mencoba posisi seks yang berbeda dari biasanya untuk meningkatkan libido.

Berganti lokasi dan menggunakan sex toy dapat dicoba untuk mengurangi rasa bosan dalam berhubungan seksual bersama pasangan.

6. Melakukan kegiatan relaksasi

Selain olahraga fisik yang mengencangkan otot, penting pula untuk melakukan kegiatan relaksasi bagi wanita.

Beberapa kegiatan relaksasi yang dapat dilakukan antara lain yoga, meditasi, atau bernyanyi untuk menumpahkan emosi.

Di samping meningkatkan gairah seksual, relaksasi juga dipercaya ampuh mengurangi rasa stres yang dialami oleh wanita.

7. Meluangkan waktu bersama pasangan

Agar benih-benih cinta bersama pasangan semakin tumbuh, maka harus dipupuk secara bersama. Bagaimana caranya?

Anda dapat meluangkan waktu lebih banyak bersama pasangan untuk meningkatkan keintiman dalam berhubungan. Selain itu, Anda dan pasangan dapat memprioritaskan hubungan intim agar libido kian meningkat.

8. Meningkatkan komunikasi dengan pasangan

Tujuh usaha di atas sepertinya kurang lengkap jika tidak disertai komunikasi yang tepat bersama pasangan. Memiliki komunikasi yang baik bersama pasangan dapat meningkatkan gairah seksual.

Anda bersama pasangan dapat membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan intim, misalnya sesuatu yang Anda sukai dan tidak sukai terkait seks.

Dengan begitu, gairah seksual Anda dapat meningkat karena komunikasi yang terbuka.

Apabila Anda merasa gairah seksual belum meningkat disertai dengan gejala lain seperti tekanan darah tinggi, maka segera konsultasikan dengan dokter. Biasanya, dokter akan memberi solusi berupa pengobatan dan perawatan untuk masalah tersebut.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    2
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads