ads
5 Tips Cegah Stres Gegara Rutinitas Kerja, Salah Satunya Lakukan Me Time

5 Tips Cegah Stres Gegara Rutinitas Kerja, Salah Satunya Lakukan Me Time

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Rutinitas kerja setiap hari bisa membuat siapa saja bosan. Terlebih bagi Anda pekerja kantoran, tentu kerap lelah harus bertemu dengan suasana kantor yang sama.

Tak jarang para pekerja yang sibuk di kantor akan mudah penat, capek, hingga stres. Bahkan, World Health Organization (WHO) mengkategorikan stres di kantor sebagai sindrom.

Sindrom tersebut adalah hasil dari stres di tempat kerja yang tidak dikelola dengan baik. Jika stres dibiarkan terus menerus, maka dapat menimbulkan beberapa hal buruk. Di antaranya penurunan kinerja, kreativitas yang berkurang, tidak sabar, mudah sakit, perubahan suasana hati, hingga kehilangan minat untuk bekerja.

Tips Cegah Stres Saat Kerja

Penting untuk mencegah stres berkepanjangan karena rutinitas bekerja. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres.

1. Me time

Produktivitas dalam bekerja dapat terjadi apabila Anda melakukannya dengan sepenuh hati. Sayangnya, hal ini tidak mungkin terjadi jika Anda mengalami stres karena rutinitas bekerja.

Oleh karena itu, sesekali sempatkan me time atau waktu luang untuk diri sendiri. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan membahagiakan diri sendiri. Anda dapat melakukan hobi di tengah kesibukan bekerja, seperti menonton film, membaca buku, atau mungkin sekadar bersantai di kasur.

Selain itu, tidak ada salahnya mengambil cuti sejenak untuk liburan ke luar kota. Liburan dengan mengunjungi tempat baru tentu dapat menyegarkan pikiran Anda sebelum kembali bekerja lagi.

2. Minum air putih setiap hari

Air putih memang terbukti khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Namun selain untuk kesehatan fisik, air putih juga bermanfaat untuk meredakan stres. Dalam satu hari, manusia setidaknya mengonsumsi 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih.

Dengan mengonsumsi air putih secukupnya, maka Anda akan tetap terhidrasi selama menjalani pekerjaan. Maka dari itu, minum air putih secukupnya agar tubuh fit dan pikiran tetap jernih untuk menghadapi pekerjaan.

3. Jangan memaksakan diri

Tujuan pekerjaan memang harus tercapai, terlebih jika ada target waktu yang ditentukan oleh atasan. Namun, Anda harus mengetahui batasan diri sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri jika sudah lelah menghadapi pekerjaan.

Sebaiknya, tetapkan tujuan untuk mencapai target dengan kecepatan Anda sendiri. Dengan begitu, Anda tidak merasa dikejar-kejar dan dapat mengontrol stres selama bekerja. Apabila Anda sudah lelah, sebaiknya berhenti sejenak melihat pekerjaan untuk menjernihkan pikiran.

4. Mengatur jadwal dan prioritas

Selain tidak memaksakan diri, membagi jadwal dan prioritas dapat mengurangi stres. Agar tidak tertekan dengan pekerjaan, sebaiknya atur waktu setiap harinya.

Pembagian waktu di sini tidak berfokus pada pekerjaan saja, namun juga hal lain yang Anda senangi. Misal membagi waktu untuk bekerja sekaligus me time agar pikiran tetap seimbang.

Sebagai contoh, di pagi hari Anda dapat melakukan olahraga dan memasak makanan kesukaan Anda sebelum bekerja. Ketika tiba di kantor, Anda juga melakukan pekerjaan sesuai porsi dan waktu yang telah dibagi. Setelah bekerja, sisihkan waktu untuk melakukan aktivitas lainnya seperti beristirahat, menonton film, atau sekadar jalan-jalan sore di dekat rumah.

5. Tidur yang cukup

Sesibuk apapun Anda dalam bekerja, usahakan tetap tidur dengan cukup setiap harinya.

Untuk menjalani hari yang produktif, tentu dibutuhkan pikiran yang segar. Oleh karena itu, atur waktu untuk tidur dengan cukup. Waktu yang cukup untuk tidur adalah sekitar 8 jam.

Itulah 5 tips mencegah stres dalam menghadapi rutinitas kerja. Semoga bermanfaat!

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    1
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads