ads
Hati-hati! Duduk Terlalu Lama Saat Kerja Bisa Picu 5 Gangguan Kesehatan Ini, Simak Tips Mengatasinya

Hati-hati! Duduk Terlalu Lama Saat Kerja Bisa Picu 5 Gangguan Kesehatan Ini, Simak Tips Mengatasinya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Pernahkah Anda duduk terlalu lama saat bekerja? Saking sibuknya dengan pekerjaan, tak terasa Anda sudah duduk dalam hitungan jam. Apalagi Anda yang pekerja kantoran, intensitas duduk jauh lebih lama dibanding Anda yang bekerja di lapangan.

Tanpa kita sadari, duduk terlalu lama saat bekerja dapat menyebabkan beberapa gangguan yang membahayakan untuk kesehatan tubuh. Terlebih jika Anda ternyata kurang gerak setelah lama duduk, maka kebiasaan buruk tersebut harus segera diubah.

Selain itu, jika Anda tidak menerapkan pola makan sehat, mungkin saja beberapa gangguan kesehatan dapat terjadi pada tubuh.

Akibat Duduk Terlalu Lama

Frekuensi duduk yang berlebihan selama bekerja dapat mengganggu kesehatan tubuh. Bahkan, hal tersebut berpengaruh pada kemampuan otak. Berikut ini 5 penyakit yang timbul karena duduk terlalu lama.

1. Obesitas

Duduk terlalu lama dengan gerakan yang minim dapat memicu seseorang untuk terus makan. Hingga akhirnya, berat badan terus meningkat karena konsumsi makanan yang tinggi tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik.

Jika terjadi terus menerus, obesitas mungkin saja terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi jika tidak mengimbanginya dengan olahraga rutin.

2. Otot melemah

Gangguan kesehatan yang berikutnya adalah pelemahan pada otot. Duduk terlalu lama tentu membuat otot tidak dipakai untuk bergerak.

Alhasil, mobilitas otot terutama bagian pinggang pun berkurang. Hal ini dapat memicu pelemahan otot dan sulit untuk digerakkan karena kaku.

3. Gangguan leher dan tulang belakang

Selain obesitas dan pelemahan otot, gangguan leher dan tulang belakang juga dapat terjadi akibat duduk terlalu lama.

Duduk terlalu lama menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusunnya. Posisi duduk yang tidak benar juga dapat mengganggu kesehatan leher dan tulang belakang.

4. Gangguan kaki

Duduk terlalu lama dapat menghambat sirkulasi darah di kaki. Kondisi tersebut menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki.

Bukan tak mungkin jika beberapa penyakit pada kaki muncul karena duduk terlalu lama. Beberapa penyakit tersebut antara lain varises, bengkak pergelangan kaki, hingga gumpalan darah yang berbahaya.

5. Penurunan kemampuan otak

Saat duduk, asupan darah dan oksigen sangat minim didapatkan oleh otak. Terlebih jika Anda duduk dalam waktu lama, maka hal tersebut dapat membahayakan otak.

Apabila otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen dengan cukup, maka fungsinya akan melambat. Alhasil Anda akan kesulitan untuk fokus serta merasa mudah lelah.

Tips Mengatasi Duduk Terlalu Lama

Agar tidak terjadi gangguan kesehatan, maka Anda dapat melakukan beberapa tips untuk mengurangi efek dari duduk terlalu lama. Berikut ini beberapa caranya.

- Melakukan gerakan fisik ringan di sela-sela pekerjaan, seperti pergi ke pantry atau toilet setelah duduk 1-2 jam. Selain itu, Anda juga dapat mengalihkan pekerjaan sejenak dengan ngobrol bersama rekan kerja.

- Lebih baik gunakan tangga daripada lift saat berpindah ke lantai yang berbeda. Walau melelahkan, namun ada manfaatnya dari aktivitas fisik ini di tengah kesibukan bekerja Anda di kantor.

- Melakukan peregangan tubuh setiap 2-3 jam sekali selama 5-10 menit. Kegiatan ini penting dilakukan bagi Anda yang duduk terlalu lama saat bekerja. Otot-otot yang melemah dapat digerakkan kembali agar lebih kuat untuk beraktivitas.

Namun jika Anda mengalami gangguan kesehatan yang tidak biasa karena duduk terlalu lama, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusi tepat.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads