ads
Skincare Alami, Ketahui 7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Skincare Alami, Ketahui 7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Air putih adalah zat cair dengan kandungan hidrogen dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Air putih mempunyai beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Dalam satu hari, manusia disarankan mengonsumsi 8 gelas atau 230 ml yang setara dengan dua liter air putih untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi. Bila kurang, dikhawatirkan tubuh mengalami dehidrasi.

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan diet karena dapat mengontrol berat badan. Air pytih bahkan dipercaya sebagai skincare alami untuk wajah.

Manfaat Air Putih

Lantas, apa saja 7 manfaat air putih selain cegah dehidrasi? Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini penjelasannya.

1. Mencegah dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi dipicu karena tubuh kurang mengonsumsi air putih dalam satu hari. Apabila dibiarkan, maka dehidrasi dapat mengganggu fungsi ginjal, kejang, dan bahkan membahayakan nyawa.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga konsumsi air putih dalam satu hari agar tidak terkena dehidrasi. Setidaknya konsumsi dua liter air putih per harinya.

2. Menurunkan berat badan

Siapa sangka air putih dapat menurunkan berat badan? Ternyata peran air putih dalam meningkatkan metabolisme berpengaruh besar untuk pembakaran lemak pada tubuh.

Apabila tubuh mengonsumsi air putih yang cukup, maka kotoran dapat dibuang melalui keringat, urine, dan tinja.

Hal tersebut tentu berdampak untuk berat badan, terutama bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, air putih juga memberi efek kenyang sehingga porsi makanan dapat dikontrol. Dengan begitu, Anda yang sedang diet disarankan untuk minum air putih sebanyak mungkin.

3. Meningkatkan konsentrasi

Air putih mempunyai manfaat besar untuk fungsi otak, terutama kemampuan fokus dan konsentrasi. Kandungan kalium pada air putih dapat mengaktifkan elektrolit pada otak, sehingga Anda bisa berpikir lebih fokus.

Apabila mengonsumsi air putih secara rutin setiap harinya, tentu Anda dapat menjalani aktivitas dengan lebih produktif.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain berpengaruh untuk otak, air putih juga berpengaruh untuk kesehatan pencernaan. Anda yang kurang mengonsumsi air putih dalam satu hari tentu rentan mengalami gangguan pencernaan.

Beberapa di antaranya seperti sembelit hingga susah BAB setelah operasi. Oleh karena itu, konsumsi air putih secara rutin agar kebutuhan cairan terpenuhi.

5. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal ternyata dapat diatasi melalui konsumsi air putih dengan cukup. Penelitian membuktikan bahwa air putih dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

Asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine. Apabila Anda kurang mengonsumsi air putih, tentu memicu pertumbuhan kristal yang menyebabkan batu ginjal.

6. Meningkatkan stamina

Untuk beraktivitas, Anda tentu membutuhkan cairan yang banyak agar berstamina. Dengan mengonsumsi air putih secukupnya dalam satu hari, kebutuhan energi untuk beraktivitas dapat terpenuhi.

Pasalnya selain makanan, stamina manusia juga diperoleh dari air putih. Minum air putih dapat meningkatkan kekuatan otot serta persendian tubuh. Jika Anda mempunyai jadwal yang padat, siapkan botol minum berukuran besar untuk dibawa saat bepergian atau bekerja.

7. Melembabkan kulit

Kulit yang lembab dan sehat semata-mata bukan hanya diperoleh dari produk-produk kecantikan saja. Air putih juga tergolong skincare alami yang berkhasiat untuk memelihara kesehatan kulit.

Air dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan lembab bercahaya. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka kulit serta bibir akan lembab.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads