ads
7 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Sebagai Negara tropis yang memiliki varian flora dan fauna sangat melimpah ada banyak tumbuhan atau tanaman yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Negara ini. Berbagai bahan alam yang tersedia tersebut dapat memberikan banyak manfaat dan dampak positif untuk kehidupan manusia.

Jenis makanan yang dikonsumsi oleh manusia memang harus seimbang dan lengkap antara makanan dari protein hewani dan makanan dari nabati. Setiap makanan tersebut memiliki manfaat dan fungsi masing-masing serta kandungan nutrisi yang berbeda beda satu sama lain.

Salah satu jenis makanan dari tumbuhan yang menarik untuk diulas adalah kolang-kaling. Buah Kolang-kaling bahkan menjadi salah satu buah populer di saat datangnya bulan ramadhan seperti halnya kurma. Berikut beberapa ulasan mengenai khasiat dan manfaat kolang-kaling yang bisa jadi kurang diketahui oleh kebanyakan orang dalam ulasan di bawah ini.

Manfaat Kolang-kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan adanya kandungan yang terdapat di dalam biji kolang-kaling tersebut dapat membantu memberikan manfaat yang positif bagi tubuh. Berikut ulasan lengkap mengenai khasiat dan manfaat kolang-kaling dalam uraian penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan

Bukan hanya sebagai camilan biasa, kolang-kaling yang diolah dengan benar dapat memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Manfaat kolang-kaling tersebut tentu berkaitan dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Kolang-kaling bermanfaat untuk tulang, mencegah asam urat, membantu program diet, dan baik bagi ibu hamil.

2. Manfaat kolang-kaling untuk tulang

Fosfor di dalam kolang-kaling dapat memperkuat gigi dan tulang. Dampak positif tersebut dapat menjadikan seseorang memiliki fisik yang kuat dan mampu menghindari berbagai macam masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang termasuk pengeroposan tulang yang kerap terjadi pada mereka dengan usia lanjut. Konsumsi kolang-kaling dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Manfaat kolang-kaling untuk lutut

Konsumsi kolang-kaling dapat membantu menjadikan lutut lebih sehat. Kolang-kaling selain menyehatkan lutut juga membantu mencegah maupun mengatasi terjadinya peradangan serta nyeri di bagian lutut. Kandungan karbohidrat galaktomanan di dalam kolang-kaling mampu membantu mengatasi peradangan dan nyeri di bagian sendiri lutut.

4. Manfaat kolang-kaling untuk asam urat

Manfaat kolang-kaling untuk penderita asam urat adalah membantu dalam mengurangi rasa nyeri dan peradangan yang banyak terjadi di daerah persendian ketika gejala asam urat muncul. Manfaat tersebut dapat diperlukan sebagai pengobatan tambahan dan pendukung dari obat-obatan medis untuk penyakit asam urat.

5. Manfaat kolang-kaling untuk kecantikan

Kandungan yang terdapat di dalam kolang-kaling dapat membantu memberikan dampak terhadap kulit yang lebih sehat. Tingginya kadar kolang-kaling dapat memberikan hidrasi yang baik untuk tubuh sehingga melindungi kulit dari penatnya sinar matahari disiang hari. Konsumsi kolang-kaling dapat membantu mengatasi kulit yang kering dan kusam.

6. Manfaat kolang-kaling untuk diet

Kolang-kaling membantu memberikan nutrisi bagi pada pelaku diet yang baik untuk kesehatan pencernaan sebagai bagian tubuh penting untuk dijaga ketika diet dijalani. Makan kolang-kaling dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjadikan seseorang merasakan kekenyangan dalam waktu yang cukup lama sehingga diet lebih efektif.

7. Manfaat kolang-kaling untuk ibu hamil

Dalam penjelasan di atas juga dijelaskan bahwa, buah kolang-kaling baik untuk ibu hamil dalam membantu menjaga kebutuhan nutrisi. Bukan hanya kebutuhan nutrisi saja, kolang-kaling membantu menjaga hidrasi tubuh ibu hamil agar tidak terjadi dehindrasi yang berbahaya untuk janin. Kolang-kaling membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga pencernaan ibu hamil.

 

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads