ads
Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh yang Menyehatkan dan Cara Konsumsinya

Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh yang Menyehatkan dan Cara Konsumsinya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Teh hijau dikenal sebagai teh kesehatan dengan banyak manfaat dan dampak positifnya bagi tubuh. Khasiat dan manfaat teh hijau tersebut disebabkan oleh karena kandungan didalamnya. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam teh hijau tersebut diantaranya seperti kafein yang sama dengan kopi dan tanin sebagai bahan aktif dari sifat teh hijau.

Selain kandungan kafein dan tanin, teh hijau juga memiliki beberapa senyawa lain yang terdapat di dalamnya seperti vitamin C, E, vitamin B yang lengkap yakni vitamin B, B2, niasin, hingga asam pantotenat. Kalsium, kalium, seng, nikel, molibdenum, asam amino thenine, klorofil, dan bahan saponin merupakan andunan lain dari teh hijau yang juga memiliki manfaat serta dampak kesehatan.

Khasiat dan Juga Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, teh hijau memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh karena kandungan senyawa aktif di dalanya. Untuk memahami dengan baik manfaat serta khasiat yang dimiliki oleh teh hijau maka perhatikan penjelasan dalam uraian di bawah ini.

1. Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Khasiat dan manfaat teh hijau yang pertama adalah untuk membantu dalam proses diet yang bertujuan menurunkan berat badan serta meningkatkan kondisi kesehatan tubuh. Manfaat penurunan berat badan dengan mengkonsumsi teh hijau tersebut dapat diperoleh karena teh membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh agar dapat berlangsung lebih optimal.

Manfaat tersebut dikarenakan adanya senyawa katekin di dalam teh hijau yang dapat mengatur metabolisme terutama terhadap lemak. Selain katekin, kafein yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menjadi stimulus pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh.

2. Manfaat Minum Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau sudah menjadi suatu hal yang dipercaya manfaatnya sejak lama karena berbagai kandungan senyawat aktif di dalam teh tersebut. Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang memiliki khasiat positif bagi tubuh dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

Beberapa manfaat minum teh hijau yang dapat diperoleh diantaranya seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas tubuh, membakar lemak, menetralisir racun racun yang terdapat di dalam tubuh, hingga mampu mencegah terjadinya beberapa penyakit berbahaya seperti kanker.

3. Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang paling memiliki manfaat berlimpah bagi kondisi kesehatan tubuh dibandingkan dengan jenis jenis teh lainnya. Beberapa manfaat positit bagi kesehatan tubuh dari teh hijau tersebut diantaranya seperti

  • Membantu mengatasi herpes
  • Mengobati flu
  • Mencegah terjadinya penyakit kanker
  • Menetralisir racun dan senyawa berbahaya di dalam tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol sebagai lemak jahat bagi tubuh
  • Mencegah penyakit alzheimer dan kanker
  • Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh secara signifikan

4. Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Teh hijau yang dikenal memiliki manfaat positif bagi kecantikan secara spesifik dapat memberikan dampak positif pada wajah. Beberapa manfaat dari teh hijau baik yang dikonsumsi secara rutin maupun yang digunakan sebagai masker wajah diantaranya seperti menghaluskan, mencerahkan, dan melembabkan kulit wajah, mengatasi kantung hitam mata, membantu untuk menghilangkan jerawat pada mata, serta sebagai masker pelindung wajah.

Cara Mengonsumsi Teh Hijau yang Benar

Seperti yang dijelaskan diatas, teh hijau memiliki segudang manfaat dengan berbagai kandungan senyawa aktif dan nutrisinya. Untuk bisa merasakan khasiat dan manfaat teh hijau tersebut maka cara mengkonsumsinya harus tepat dan benar. Salah satu pertimbangan dalam mengonsumsi teh hijau adalah waktunya.

Waktu terbaik minum teh hijau adalah saat jam 10 pagi hingga jam 11 malam, satu atau dua jam setelah atau sebelum makan, sesaat sebelum menjalani aktivitas olah raga dan tidur. Manfaat dan khasiat dari teh hijau sampai saat ini terus diteliti secara ilmiah untuk mendapatkan bukti bukti yang memang mendasar dari adanya dampak positif teh hijau.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads