ads
Cara Mengobati Penyakit Epididimitis Pada Pria yang Perlu Diperhatikan

Cara Mengobati Penyakit Epididimitis Pada Pria yang Perlu Diperhatikan

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Surabaya - Sikap dan perilaku seksual menyimpang seringkali berakhir dengan terjadinya penyakit pada bagian kelamin pria. Kondisi penyakit yang terjadi pada alat kelamin pria dapat menimbulkan dampak negatif dan pengaruh buruk terhadap kesehatan seksual pria, sehingga sudah selayaknya harus dihindari.

Ada banyak jenis penyakit yang dapat beresiko terjadi pada pria.  Radang saluran sperma atau yang lebih dikenal sebagai epididimitis merupakan salah satu bentuk penyakit pada alat kelamin pria. Penyakit yang banyak disebabkan oleh karena infeksi tersebut, dapat dikenal melalui kemunculan beberapa tanda pada tubuh pria penderita penyakit tersebut.

Gejala dan Tanda Munculnya Penyakit Epididimitis

Gejala dan tanda yang muncul dapat menjadi bahan diagnosis awal adanya penyakit tersebut. Ada beberapa bentuk gejala yang dapat Anda temukan dari penyakit yang terjadi pada bagian alat kelamin pria tersebut. Berikut ini gejala awal yang dapat Anda temukan saat seseorang mengalam penyakit Epididimitis, seperti :

  • Kelainan pada bagian kelamin atau tepatnya di skrotum di mana mengalami kondisi bengkak, kemerahan, dan punya rasa yang hangat
  • Muncul nyeri yang biasanya terjadi secara bertahap pada salah satu bagian dari testis
  • Muncul nyeri atau rasa yang tidak nyaman pada bagian perut bawah atau punggul
  • Mengalami kondisi sering buang air kecil dan sakit
  • Munculnya pembesaran pada bagian kelenjar getah benih pada bagian pangkal paha
  • Dema atau meningkatnya suhu tubuh akibat tanda infeksi

Beberapa gejala yang muncul tersebut jadi diagnosa awal terjadinya kondisi penyakit Epididimitis. Setiap gejala yang muncul hanya merupakan penanda awal dan tetap butuh diagnosa secara medis untuk mengetahui penyakit apa yang sedang muncul dalam tubuh Anda.

Pengobatan Penyakit Epididimitis Pada Pria

Adanya beberapa gejala dan tanda penyakit harus menjadi perhatian khusus dari setiap pria untuk melakukan tindakan yang tepat sehingga pengobatan pada penyakit radang saluran sperma dapat dilakukan cepat demi menghindari dampak buruk lebih besar. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati epididimitis tersebut diantaranya seperti dalam ulasan di bawah ini.

1. Pengunaan obat obatan

Pengobatan medis merupakan bentuk cara pengawasan epididimitis yang paling utama. Penderita epididimitis biasanya akan mendapatkan obat yang membantu mengatasi penyakit tersebut.

Obat obatan yang digunakan di antaranya seperti antibakteri untuk mengatakan infeksi, anti nyeri untuk mengurangi rasa sakit, dan anti inflamasi untuk bengkak atau radang. Obat dikombinasikan untuk dapat memberikan kesembuhan gejaka dan penyebab penyakit pada penderita Epididimis.

2. Aktivitas pendukung pengobatan

Untuk membantu mempercepat pengobatan, penderita epididimitis harus melakukan beberapa hal lainnya untuk mendukung pengobatan. Beberapa hal tersebut seperti menjaga kebersihan diri dan alat kelamin, konsumsi makanan sehat dan bergizi agar sistem kekebalan tubuh optimal, serta mengkompres bagian saluran sperma yang bengkak.

3. Perilaku seks yang sehat

Selain beberapa cara pengobatan penyakit radang saluran sperma yang disebutkan di atas, penderita juga harus memperhatikan perilaku seksualnya agar sehat dan tidak sembarangan. Hal tersebut diperlukan mengingat epididimitis banyak terjadi pada pria yang kerap seks bebas dengan berganti pasangan tanpa kondom.

Beberapa cara pengobatan epididimitis di atas yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pria dengan kondisi gejala seperti nyeri, pembengkakan, dan keluarnya cairan berbau pada bagian alat kelaminnya sebagai pertanda penyakit radang saluran sperma tersebut.. Pengobatan yang tepat dapat membantu proses penyembuhan pada penderita epididimitis berlangsung cepat.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads