ads
Kandungan, Manfaat Jahe, dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diperhatikan

Kandungan, Manfaat Jahe, dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diperhatikan

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Tanaman yang dikenal sebagai salah satu bumbu dalam berbagai olahan makanan tersebut memang sudah lama menjadi bahan dalam pengobatan herbal dengan berbagai manfaat jahe. Jahe sering diseduh menjadi minuman yang dapat memberikan efek menghangatkan tubuh. Berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat dari jahe untuk kesehatan.

Kandungan Jahe yang Dapat Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan

Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale dari golongan Zingiberaceae yang sudah lama dikenal punya banyak manfaat jahe bagi kesehatan. Berikut beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalam jahe sehingga menjadikannya memiliki khasiat atau manfaat tertentu bagi tubuh seperti :

  • Zingeron, merupakan senyawa keton yang memberikan rasa pedas dominan yang khas dari jahe. Selain zingeron, senyawa lain yang juga memberikan efek pedas pada jahe adalah oleoserin.
  • Minyak Atsiri. Sebagai temu temuan, jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang cukup banyak diantaranya seperti kamfena, limonen, borneol, seskuiterpen, zingiberen, sineol, sitral, zingiberal, dan felandren.
  • Antioksidan, didalam jahe juga terdapat senyawa fenolik yang memiliki kandungan antioksidan melebihi kemampuan dari tokoferol seperti (6)-gingerol, (6)-shogaol, diarilheptanoid dan curcumin yang biasanya terdapat dalam tanaman temu temuan.

Khasiat dan Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan adanya kandungan senyawa aktif dan gizi yang disebutkan diatas, jahe memiliki beranekaragam khasiat dan manfaat yang hingga saat ini terus diteliti untuk dibuktikan kebenaran dari manfaat kesehatan yang sudah dipercaya sejak dulu secara medis dan ilmiah. Untuk lebih memahami fungsi dan efek jahe bagi kesehatan, berikut penjelasan mengenai manfaat dan khasiat dari jahe dalam ulasan di bawah ini.

1. Manfaat Jahe Merah maupun Putih

Beberapa manfaat dari jahe merah diantaranya seperti menghangatkan tubuh saat berada di lingkungan yang terlalu dingin,  membantu mengatasi kondisi masuk angin. Khasiat dan manfaat jahe putih diantaranya seperti membantu mengatasi permasalahan pada saluran pencernaan, membantu dalam proses detoksifikasi tubuh dan mencegah masalah pada kulit.

2. Manfaat Jahe untuk Diet

Konsumsi air jahe dapat membantu dalam menyehatkan dan melancarkan proses pada sistem pencernaan. Efek thermal dari konsumsi jahe secara konsisten dapat membantu meng efisienkan metabolisme tubuh, memberikan rasa kenyang yang lebih lama, serta menjadikan proses pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi lebih optimal.

3. Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil

Beberapa manfaat dan khasiat jahe untuk ibu hamil diantaranya seperti mengontrol kadar gula darah untuk mencegah terjadinya gestational diabetes, membantu dalam mengurangi munculnya rasa nyeri dan heartburn, meningkatkan penyerapan nutrisi untuk ibu hamil, serta membantu menyembuhkan batuk dan pilek secara alami.

Efek Samping Jahe yang Perlu Diketahui

Seperti yang dijelaskan diatas, konsumsi jahe sebaiknya diperhatikan dengan benar agar manfaat jahe dapat dirasakan. Selain itu, konsumsi jahe yang salah juga dapat menimbulkan beberapa kondisi efek samping yang tentunya tidak diharapkan terjadi, seperti :

  • Rasa pedas dan panas yang berelebihan terutama di saluran pencernaan atau yang paling terasa di lambung.
  • Meningkatkan sirkulasi darah yang menjadikannya tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan kondisi aliran darah yang terganggu seperti sedang menjalani terapi pembekuan darah.
  • Konsumsi berlebihan pada ibu hamil karena dapat menyebabkan menurunnya penyerapa zat besi dan vitamin yang larut dalam lemak.
  • Berinteraksi dengan obat tertentu untuk menurunkan efektifitasnya seperti beberapa obat obata hipertensi.

Beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat dari jahe untuk kesehatan yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar. Selain memiiki manfaat, jahe harus dikonsumsi dengan baik dan tidak berlebihan serta dipertimbangkan terlebih dahulu karena dapat memberikan efek samping pada kondisi orang tertentu. Manfaat Jahe sangat positif bagi kesehatan tubuh.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads