ads
Pentingnya Meningkatkan Sistem Imun Dikala Musim Sakit

Pentingnya Meningkatkan Sistem Imun Dikala Musim Sakit

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Sudah menjadi rahasia umum bahwa meningkatkan sistem imun sebagai bagian penting selama masa musim sakit. Seorang yang memiliki imun baik lebih kuat dapat menjadikannya tidak rentang tertular penyakit. Ada banyak penyakit yang menjadi ancaman di masyarakat sekarang ini akibat perubahan cuaca.

Semua orang tentu berusaha untuk bisa melakukan pencegahan penularan agar tidak terjangkit penyakit. Peningkatan sistem imun tubuh merupakan salah satu cara melakukan pencegahan terjadinya penyakit yang berdampak pada kesehatan. Penyakit sering muncul saat terjadinya perubahan cuaca yang tidak menentu.

Mengenal Sistem Imun dan Pentingnya Bagi Tubuh Saat Musim Sakit

Meningkatkan sistem imun tubuh dalam upaya mencegah penyakit harus dipahami caranya dengan baik oleh setiap individu manusia di masyarakat. Sebelum membahas mengenai cara peningkatan sistem imun tersebut, pengetahuan terkait apa itu imun dan pengaruh terhadap kondisi kesehatan manusia. 

Sistem imun secara definisi merupakan upaya dari tumbuh dengan menggunakan sel atau protein untuk melindungi organ tubuh dari ancaman luar seperti organisme patogen penyebab sakit. Tanpa sistem imun, manusia mudah mengalami sakit karena infeksi dari organisme patogen tersebut tidak dapat dicegah dan akan menyerang tubuh.

Secara umum sistem imun terbagi menjadi dua yakni imun bawaan dan adaptif. Keduanya penting dalam tubuh agar dapat lebih menjaga dan memproteksi kesehatan tubuh. Sistem imun bawaan merupakan sistem pertahanan tubuh yang sudah ada di dalam tubuh manusia di mana terbentuk dari sejak lahir.

Sedangkan sistem imun adaptif merupakan pertahanan tubuh terhadap organisme patogen yang muncul akibat adaptasi tubuh sehingga bisa dibentuk secara sengaja. Sistem imun dalam tubuh dapat ditingkatkan melalui beberapa cara dan usaha yang benar. Penjelasan peningkatan sistem imun tersebut penting dimasa pandemi sekarang ini.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Selama Musim Sakit yang Efektif

Sistem imun yang meningkat selama wabah musim sakit perlu diperhatikan setia individu dalam masyarakat. Imun yang meningkat menjadikan seseorang tidak mudah mengalami infeksi organisme penyebab sakit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh selama musim sakit seperti penjelasan di bawah ini.

1. Konsumsi Vitamin dan Imunomodulator

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi multivitamin dan imunomodulator. Kedua jenis suplemen makanan dan vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh demi melawan organisme. Kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi, sayur, maupun buah-buah.

2. Rutin Melakukan Aktivitas Olahraga

Cara kedua yang juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh adalah dengan rutin berolahraga. Beberapa orang memiliki waktu luang lebih banyak dan lainnya bisa jadi tidak. Kondisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk rutin dan rajin berolahraga ringan sesuai dengan waktu yang dimiliki masing-masing orang.

3. Memanfaatkan Panas Matahari Pagi

Cara ketiga di mana setiap individu dapat meningkatkan sistem imunnya adalah dengan berjemur di bawah terik panas matahari. Banyak informasi seputar sinar dan panas matahari dapat membunuh virus atau bakteri yang sebenarnya salah. Berjemur meningkatkan sistem imun karena adanya vitamin D dari sinar matahari sehingga tubuh lebih kuat.

Melalui pemahaman terhadap sistem imun dan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pertahanan tubuh tersebut, seseorang dapat memiliki tingkat kesehatan lebih baik. Dengan tingkat kesehatan lebih baik, kesempatan untuk terjadinya infeksi dari berbagai macam penyakit dapat dicegah sehingga pandemi yang terjadi dapat segera berakhir.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads