ads
4 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

4 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Jakarta - Daun Afrika merupakan tanaman dalam kelompok asteraceae yang memiliki warna hijau gelap dengan bau khas dan rasa yang pahit dan punya manfaat daun Afrika. Karena rasa pahitnya tersebut menjadikan daun afrika harus mejalani perendaman sebelum akhirnya dapat dikonsumsi. Daun afrika banyak tersebar diwilayah afrika bagia barat seperti nigeria, ghana, zimbabwe, dan kamerun.

Sebagai tanaman yang bermanfaat, ada beberapa kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terdapat di dalam daun afrika tersebut. Beberapa kandungan senyawa aktif di dalam daun afrika diantaranya seperti saponin, seskulterpen, flavonoid, koumarin, asam fenolat, lignin, xanton, terpen, peptide, dan luteolin.

Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan Tubuh

Adanya kandungan senyawa aktif dan nutrisi yang terdapat di dalam daun afrika tersebut, menjadikannya dapat memberikan dampak positif atau manfaat tertentu bagi tubuh. Beberapa khasiat dan manfaat daun afrika tersebut sudah banyak dibuktikan oleh masyaraka di beberapa negara afrika. Berikut penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun afrikan yang dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh dalam penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan

Selain dapat memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan tersebut dalam uraian diatas, manfaat lain daun afrika berkaitan dengan kecantikan tubuh manusia. Antioksidan yang tinggi dari daun afrika dapat membantu mencegah munculnya reaksi radikal bebas di kulit yang dapat memicu kerusakan kulit dan munculnya banyak sel kulit mati. Dengan adanya antioksidan tinggi tersebut, daun afrika membantu dalam menjadikan kulit tampak lebih awet muda.

2. Manfaat Daun Afrika untuk Asam Urat

Dalam uraian penjelasan mengenai manfaat daun afrika diatas disebutkan bahwa ada dampak positif dalam membantu menjaga kadar asam urat sehingga tidak menimbulkan kondisi berbahaya bagi penderitanya. Manfaat dari daun afrika untuk asam urat tersebut dilakukan dengan mekanisme mengkeskresi asam urat lebih banyak melalui jalur urin. Konsumsi daun afrika serara rutin akan mampu menjaga kadar asam urat tubuh tetap normal.

3. Daun Afrika untuk Diabetes

Selain untuk asam urat, mangkonsumsi daun afrika juga dapat membantu pengobatan dalam penyakit diabetes atau tingginya gula darah. Manfaat daun afrika tersebut dapat diperoleh karena adanya senyawa antidiabetes di dalam kandungan daun afrika tersebut. Dengan konsumsi secara rutin daun afrka dapat membantu menjaga stabilnya kadar gula di dalam darah sehingga tidak memicu gangguan kompolikasi.

4. Manfaat Daun Afrika untuk Kolesterol

Kolesterol merupakan sebutan untuk penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar lemak jahat di dalam tubuh. Untuk dapat mengatasi masalah kolesterol pada tubuh dapat dengan mengkonsumsi daun afrika secara rutin setiap harinya. Dengan terjaganya kadar koesterol dapat menjadikan tubuh tidak akan mengalami berbagai macam gejala yang menyebabkan tingginya kolesterool yang berbahaya.

Cara Mengolah Daun Afrika Secara Tepat

Untuk dapat memperoleh manfaat tersebut cara pengolahan daun afrika sangatlah sederhana dan yang paling mudah adalah membuat rebusan dari air daun afrika. Pembuatan ekstrak juga belakangan banyak dilakukan karena kebutuhan tinggi di pasaran. Selain direbus dan dibuat ekstrak, daun afrika juga dapat langsung dikunyah namun perlu melewati proses pengolahannya terlebih dahulu.

Aturan Minum Daun Afrika yang Benar

Selain cara pengolahannya yang perlu diperhatikan, aturan minum daun afrika juga perlu dipahami dengan baik. Aturan minum daun afrika kebanyakan sama halnya dengan jamu lainnya dimana hasil rebusan air daun afrika tersebut dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali secara konsisten agar dapat memberikan manfaat yang positif bagi tubuh.

Beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun afrika tersebut belum banyak diketahui. Tanaman yang asal tumbuhnya dari afrika bagian barat tersebut dapat memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh. Meskipun bermanfaat, perhatikan aturan minumnya agar tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads